Halaman

Selasa, 13 Desember 2011

Ringkasan kelompok 5 dan 6

Kelompok 5
            LINGKUNGAN BIOTIK dan ABIOTIK
Tanah adalah akumulasi tubuh alam bebas, menduduki sebagian besar permukaan planet bumi, yang mampu menumbuhka tanaman dan memiliki sifat sebagai akibat pengaruh iklim dan jasad hidup yang bertindak terhadap bahan induk dalam keadaan relief tertentu selama jangka waktu tertentu pula. Jenis tanah di bagi menjadi 8 bagian yaitu tanah humus,tanah gambut,tanah pasir, tanah alluvia ,tanah podzoid ,tanah vulkanik ,tanah laterit dan tanah mediteran.selain itu tanah tersusun atas 4 bahan utama yaitu: bahan mineral.bahan organik,air, dan udara. Tanah sebagai medium merupakan tempat dimana mikroorganisme hidup dan berkembangbiak. Selain itu tanah juga merupakan tempat tumbuh bagi tanaman maupun tumbuhan. Sedangkan pada manusia, tanah merupakan tempat yang di gunakan untuk tempat tinggal maupun sebagai sumber penghidupan bagi mereka.
Tekstur dan struktur tanah sangat mempengaruhi semua fisik tanah, seperti : daya tahan mengikat air dan permeanilitas, peredaran udara di dalam tanah, temperatur dalam tanah, serta mudah dan tidaknya pengolahan tanah. Kimia tanah di bagi menjadi 2 yaitu : tanah organik dan tanah non organik. Tanah organik meliputi : mengandung Nitrogen yang di dalamnya mengandung unsur C,H,O,N sedangkan yang tidak mengandung Nitrogen mengandung unsur C,H, dan O. Lalu tanah anorganik mengandung unsur S, P, Cl, Ca, Fe, Na, Mg, Al, dll.
Ada beberapa jenis organisme tanah, diantaranya adalah: Pemecah bahan organik seperti slaters (spesies Isopoda), tungau (mites), kumbang, dan collembola yang memecah-mecah bahan organic yang besar menjadi bagian-bagian kecil. Pembusuk bahan organik seperti jamur dan bakteri yang memecahkan bahan-bahan cellular. Pembangun struktur tanah : akar tanaman, cacing tanah, ulat-ulat dan jamur.  Profil tanah merupakan suatu kumpulan berbagai macam lapisan tanah. Horizon-horizon itu di beri tanda dengan huruf, lapisan atas sampai bawah yaitu A,B,C. Horizon A adalah bagian profil tanah yang terdiri dari seresah atau bahan organik. Horizon B adalah lapisan di mana terkumpul unsur-unsur yang berasal dari horizon A. Sedangkan horizon C adalah lapisan bahan induk.
Topografi (relief) adalah bentuk permukaan suatu satuan lahan yang dikelompokkan atau ditentukan berdasarkan perbedaan ketinggian (amplitudo) dari permukaan bumi (bidang datar) suatu bentuk bentang lahan (landform).  Topografi disebabkan oleh pengaruh ketinggian, pengaruh kemiringan, dan Phytogeografi. Faktor Biotik dan Interaksinya :Interaksi antara tumbuhan dalam komunitas .Interaksi hewan dan tumbuhan dalam komunitas .Interaksi manusia dan tumbuhan dalam komunitas. Faktor biotik ialah faktor hidup yang meliputi semua makhluk hidup di yang ada bumi, baik tumbuhan maupun hewan. Dalam ekosistem, tumbuhan berperan sebagai produsen, sedangkan hewan berperan sebagai konsumen, dan mikroorganisme berperan sebagai dekomposer.
            Hubungan antar populasi ini menggambarkan berbagai keadaan yaitu bisa saling menguntungkan sehingga terwujud suatu hubungan timbal balik yang positif bagi kedua belah pihak (mutualisme), sebaliknya bisa juga terjadi hubungan salah satu pihak dirugikan (parasitisme). Contoh dari parasitisme adalah pohon mangga dengan benalu.
            Interaksi antara hewan dan tumbuhan dalam suatu komunitas merupakan suatu interaksi dimana populasi suatu hewan tertentu berinteraksi dengan tumbuhan yang ada di sekitar tempat tinggalnya. Contohnya adalah interaksi antara populasi kumbang dengan tanaman bunga yang ada di sekitarnya. Makhluk hidup seperti manusia, hewan dan tumbuhan memiliki pengaruh yang cukup besar dalam persebaran tumbuhan. Manusia juga mampu mempengaruhi kehidupan flora dan fauna di suatu tempat dengan melakukan perlindungan dan perkembangan.  Contohnya saja manusia mampu mengubah lingkungan misalnya dengan pemberian pupuk, penghijauan, dll.
 Kelompok 6
Populasi
Populasi adalah kumpulan individu dari suatu jenis organisme.contoh dari pada populasi yaitu populasi tumbuhan contohnya populasi pohon pinus dan populasi hewan contohnya populasi hewan Komodo.populasi lokal merupakan unit dasar dalam proses evolusi, pertukaran gen terjadi secara terus-menerus dalam waktu yang relatif lama sehingga terjadi struktur gen yang khusus untuk kelompok tersebut dan akan berbeda dengan struktur gen populasi lokal lainnya meski untuk species yang sama. Karakteristik Populasi:Kerapatan ,Natalitas ,Mortalitas ,Distribusi ,Bentuk pertumbuhan populasi
 Ekotipe adalah bagian dari populasi suatu jenis yang menunjukan ciri-ciri morfologi, atau fisiologi yang mantap dan agaknya diatur oleh faktor-faktor genetika yang berkorelasi dengan keadaan ekologi tertentu . Pengelompokan organisme berdasarkan kesamaan ciri fisik tertentu. Dalam penyebutan organisme sering dipergunakan istilah taksa apabila tingkatan taksonominya belum diketahui.
Endemik adalah Endemisme dalam ekologi adalah gejala yang dialami oleh organisme untuk menjadi unik pada satu lokasi geografi tertentu, seperti pulau, lungkang (niche), negara, atau zona ekologi tertentu. Untuk dapat dikatakan endemik suatu organisme harus ditemukan hanya di suatu tempat dan tidak ditemukan di tempat lain. Pola penyebarannya melalui pola penyebaran kelompok, pola penyebaran acak,pola penyebaran merata dan pola penyebarab tegak. Faktor – faktor yang mempengaruhi penyebaran populasi yaitu tekstur tanah, kelembapan, cahaya, suhu, PH, dan aliran air.
Intropeksi diri
          Dari hasi presentasi kelompok 5 dan 6, dapat saya simpulkan bahwa masih banyak pertanyaan dari teman-teman yang belum dijawab oleh kelompok 5 yang membahas lingkungan abiotik dan biotik, khususnya pertanyaan dari yusron pada kelompok 5, dimana yusron menanyakan diantara jenis-jenis tanah, jenis tanah apakah yang paling subur di gunakan untuk tanaman serta mempercepat pertumbuhan tanaman. Lalu resta dari kelompok 5 menjawab diantara ke 8 jenis tanah tersebut yang paling subur yaitu jenis tanah humus. Akan tetapi saya kurang setuju dengan jawaban resta, karena menurut saya  tanah gambut juga bagus untuk tanaman. Sehingga saya sangat setuju dengan jawaban dari pak guru yang menjelaskan bahwa
Lalu pertanyaan dari intan pun belum dijawab oleh kelompok 5. Sehingga dari kelompok 5 saya dapat memperoleh berbagai pengetahuan sekilas tentang tanah,jenis-jenis tanah, lalu unsur apa saja yang terkandung pada tanah.kemudian bagaimana tekstur dan keadaan tanah.  Sedangkan untuk kelompok 6 yang membahas tentang populasi saya memperoleh sedikit penjelasan dari yesi yang menjelaskan bagaimana pola penyebaran endemik dan endemisme yang di bagi menjadi 4 jenis penyebarannya salah satunya penyebaran secara acak, penyebaran secara merata, penyebaran secara kelompok. Kemudian pada sesi tanya jawab kelompok 6, saya tidak dapat mengikutinya sebagai mana mestinya seperti teman-teman dikarenakan saya izin Sholat , untuk  itu saya minta maaf  sebelumnya sama bpk Husamah karena keterlambatan mengikuti tanya jawab pada kelompok 6.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar