Halaman

Jumat, 25 November 2011

Rangkuman Pengertian Ekologi Tumbuhan dan Tumbuhan Dalam Lingkungan


Pada hari kamis tanggal 24 November 2011, kami dari kelas biologi III C telah melaksanakan proses belajar mengajar EKTUM dengan ketentuan yang telah disepakati sebelumnya. Adapun tugas tersebut yaitu salah satunyan mempresentasikan hasil dari makalah yang telah di buat sebelum UTS berlanjut. Kemarin sore sekitar jam 03.15 kelompok 1 dan 2 memeperesentasikan hasil PPT nya. Dimana kelompok 1 membahas tentang pengertian dasar dalam ekologi tumbuhan yang 1 kelompok berjumlah  2 orang  dengan nama anggota yaitu Eko dan Fauzi. Dalam PPT nya, mereka membahas pengertian dan tujuan ekologi tumbuhan. Lalu bagaimana sejarah perkembangan ekologi tumbuhan. Dan seperti apa pendekatan dalam ekologi tumbuhan khususnya dalam bentuk autekologi dan sinekologi serta pengertiannya dan perbedaannya.
Autekologi, yaitu ekologi yang mempelajari suatu spesies organisme atau organisme secara individu yang berinteraksi dengan lingkungannya. Contoh lain adalah mempelajari kemampuan adaptasi pohon merbau (Intsia palembanica) di padang alang-alang, dan lain sebagainya. Dan  Sinekologi, yaitu ekologi yang mempelajari kelompok organisme yang tergabung dalam satu kesatuan dan saling berinteraksi dalam daerah tertentu. Contohnya  mempelajari struktur dan komposisi spesies tumbuhan di hutan rawa, hutan gambut, atau di hutan payau, mempelajari pola distribusi binatang liar di hutan alam, hutan wisata, suaka margasatwa, atau di taman nasional, dan lain sebagainya yang dijelaskan oleh saudara eko.
            Pada ekologi tumbuhan ada 3 aspek yang perlu di ingat yaitu agronomi, fisiologi tanaman, dan klimatologi tanaman. Mamfaat dan terapan ekologi tumbuhan dapat di gunakan pada bidang pertanian, peternakan, kehutanan dan terakhir perkotaan. Disini saya mencatat salah satu mamfaat ekologi tumbuhan di bidang perkotaan yaitu membantu kota yang asri, mengurangi suhu panas dalam perkotaan,mengantisipasi adanya banjir dan melakukan reboisasi yang di jelaskan oleh saudara fauzi.
            Kemudian kelompok 2 pun mempresentasikan hasil makalahnya yang berjudul Tumbuhan Dalam Lingkungan. Yang beranggota 2 orang dengan nama anggotanya Danang dan Hasan. Pada penjelasan awal yang menjelaskan terlebih dahulu yaitu di jelaskan oleh saudara hasan. Lingkungan adalah tempat dimana makhluk hidup itu tinggal dan menyesuaikan diri. Dalam suatu lingkungan terdapat  lingkungan makro dan lingkungan mikro. Selain itu   lingkungan makro dan lingkungan mikro memiliki perbedaan juga. Pada lingkungan terdapat macam – macam faktor pembatas yang meliputi temperatur, radian sinar dan intensitas cahaya, air, lamanya penyinaran, kelembapan , garam-garam biogenik, arus dan tekanan, tanah dan api. Lingkungan dapat di bagi menjadi beberapa lingkungan yaitu lingkungan biotik dan lingkungan abiotik. Yang pertama strates tumbuhan terhadap strees meliputi strees biotik : strategi tumbuhan terhadap herbivora. Lalu yang kedua strees abiotik : strategi tumbuhan terhadap kelebihan air. Adaptasi makhluk hidup berupa 1) adaptasi morfologi. 2) adaptasi fisiologi, dan 3) adaptasi tingkah laku.
Pertanyaan untuk kelompok 1.
Penanya
1.      Martina : bagaimana cara mewujudkan kelestarian Hutan, sedangkan penebangan   Hutan secara liar semakin meja lela??
Penjawabnya Fauzi : untuk mewujudkan kelestarian Hutan kita harus mengadadakan reboisasi dan dapat mengontrol penebangan hutan yang secara berkelanjutan.
Akan tetapi martina tidak puas akan jawaban dari saudara Fauzi, sehingga martina menyanggah kembali pertanyaaanya. Setelah itu saudara eko menjawab pertanyaan dari saudari martina dengan menggambar hutan lindung di sekitar Taman Nasional atau membangun Hutan lindung.
2.      Hany : bagaimana mengontrol gulma agar tidak berlebihan?
Penjawabnya Fauzi untuk mengontrol gulma agar tidak berlebihan maka di perlukannya pupuk serta menggunakan peptisida.
3.      Ulfa Hanum : apa yang di maksud dengan sinekologi yang bersifat experimental dan autekologi yang bersifat filosofis?
Pertanyaan untuk kelompok 2
Penanya
1.      Yusron : tolong jelaskan kembali apa yang di maksud dengan lingkungan makro dan lingkungan mikro, serta perbedanya juga?
2.      Fatih : apa yang dimaksud arus dan tekanan pada macam-macam faktor pembatas tersebut?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar