Laman

Selasa, 10 April 2012

Lihat Sejenak My Lemonfish (Leuleupi) ku yuuuuk!!!!!!!


Teman-teman ternyata interaksi kita terhadap hewan sangat di perlukan karena hewan juga memiliki berbagai ragam kreasi,variasi, dan keunikan sehingga hewan perlu juga diperhatikan atau bahkan di lestarikan. Seperti halnya hewan peliharaan, banyak orang yang memelihara hewan karena hobby, hiburan, membudidayakan atau bahkan melestarikannya dari kepunahan contohnya seperti memelihara kura-kura atau bahkan karena rasa cinta yang tinggi dengan hewan. Seperti halnya gambar di atas merupakan hewan peliharaan aku yang kita kenal dengan nama ikan Lemon atau Yellow. Ikan Lemon ini merupakan ikan hias yang hidup di air tawar, hewan ini juga banyak di jumpai di berbagai perumahan sebagai ikan hias karena memiliki warna yang kuning memukau sehingga banyak peminatnya,  khususnya saya sendiri. Gambar di atas merupakan kegiatan aku sehari-hari dalam  memelihara Ikan Lemon.Ikan ini memerlukan perawatan yang lumayan cukup berat agar tidak cepat mati dan kebanyakan orang bilang ikan ini jahat lho. Adapun kegiatan yang dilakukan buat ikanku yaitu berinteraksi dengan ikan, saat bermain dengan ikan, memberi makan ikan, memperhatikan kesehatan, membersihkan aquarium, Memperhatikan gerak-geriknya, Menata tempat ikan, mengukur ketinggian air yang akan digunakan pada ikan agar ikan tidak terganggu dalam pergerakannya dan menguras akuarium Ikan.
Okey teman-teman kalau mau lebih tahu tentang ikan ku ini, ayow kita liat sejenak seperti apa sih ikan lemon itu serta menambah wawasan kita mengenai ikan. Teman-teman ikanku ini nama istilah biologinya yaitu Neolamprologus Leleupi , atau lebih akrab disebut Leleupi yang merupakan ikan cichlid kerdil (dwarf cichlid) yang berasal dari danau Tangayika, Afrika. Ikan leleupi mempunyai warna kuning di sekujur tubuhnya, sehingga ikan ini populer dengan sebutan lemon cichlid. Leuleupi dapat tumbuh sampai sekitar 10 cm saja untuk ikan jantan, sedangkan ikan betina biasanya kurang dari ukuran tersebut.  Kendala yang sering terjadi bila memelihara ikan dengan kondisi air yang tidak memenuhi persyaratan adalah seringkali ikan tersebut terserang fish-tuberculosis, ikan menjadi kurus, warna memucat dan pertumbuhan berhenti. Bila sudah terserang, biasanya mereka hanya tinggal menunggu waktu saja, demikian pula bila hendak memelihara ikan yang membutuhkan kondisi pH rendah tetapi disimpan dalam air yang berPH tinggi.
Dalam pemeliharaan ikan lemon di akuarium sebenarnya cukup mudah.Bahwa kondisi air bagi ikan-ikan yang telah dibudiyakan tidak lagi kritikal, akan tetapi memang lebih baik bila disediakan air dengan pH tinggi. Cara termudah untuk mendapatkan pH tinggi ialah dengan memakai karang laut, pecahan koral, atau pasir laut. Substrat sebaiknya menggunakan pasir dengan warna terang sehingga warna ikan akan lebih cemerlang. Setup akuarium yang direkomendasikan untuk ikan-ikan dari perairan Tangayika adalah berupa perairan terbuka dengan tumpukan batu-batu didasar. Bila akuarium memakai pasir yang bewarna cerah, warna kuning ikan tersebut akan lebih nampak. Akan tetapi bila pasir yang digunakan berwarna gelap, maka ikan ini akan tampak lebih gelap. Ikan lemon (Leuleupi) tidak rewel dalam hal makanan, dari makanan buatan sampai cacing es akan diterimanya dengan senang hati. Meskipun demikian perlu diketahui bahwa di alam mereka hanya memakan pakan hidup saja.


Dalam sehari, ikan lemon ini diberi makan dua kali. Berhubung ikan ini sangat rakus dan lahap maka ikan ini dapat menghabiskan makanan yang lumayan banyak. Dalam soal makan-memakan ikan ini tidak kalah dari ikan yang lebih besar. Pada gambar di atas juga tertera menata, membersihkan akuarium, mengukur  serta menguras air akuarium, kegiatan ini merupakan cara untuk menjaga kenyamanan ikan dalam berinteraksi, beradaptasi dan demi kelangsungan hidup ikan itu sendiri agar tidak mati. Membersihkan tempat ikan diperlukan tiga kali sehari agar kenyamanan ikan terjangkau. Lalu adapun kegiatan yang memperhatikan gerak-gerik ikan, merupakan salah satu  bagaimana cara kita berinteraksi langsung dengan ikan tersebut melalui tahap demi tahap.
Bagi teman-teman yang berminat memelihara ikan hias air tawar dari semua jenis kalangan ikan mulai dari warna,bentuk, dan ukuran ikan, untuk itu aku punya beberapa tips agar teman-teman sukses dalam memelihara ikan. Yuk baca apa saja  tips yang digunakan sebelum memelihara ikan
Pertama: memiliki niat dan ketekunan sejak awal guna membudidayakan ikan hias air tawar untuk keperluan usaha
Kedua: mencari informasi dan menggali pengetahuan tentang ikan hias air tawar sebanyak mungkin agar pada pelaksanaannya bisa maksimal
Ketiga: menyiapkan akuarium dalam ukuran yang tepat
Keempat: mempelajari dengan baik tentang sirkulasi air dan siklus nitrogen dalam air karena hal ini penting sekali, jika ingin memelihara ikan hias air tawar yang mengutamakan kualitas.
Kelima: menyiapkan lingkungan dalam akuariun yang nyaman bagi perkembangan ikan hias air tawar.
Keenam: menyimpan akuarium di tempat yang teduh untuk kenyamanan ikan karena akuarium yang terkena sinar matahari langsung akan memberi dampak buruk bagi perkembangan ikan .
Ketujuh: menjernihkan air yang akan kita masukkan ke dalam akuarium agar tidak memiliki kandungan zatr kimia yang membahayakan bagi pertumbuhan ikan hias.
Kedelapan: menyiapkan filter yang berguna sebagai saringan didalam akuarium untuk kenyaman hidup ikan yang kita pelihara.
Kesembilan: membaca buku-buku referensi sebagai tambahan pengetahuan dalam memelihara ikan hias air tawar.
Kesembilan tips diatas adalah cara jitu yang perlu diperhatikan agar kita sukses dalam memelihara hewan khusunya pada ikan.

1 komentar: